20160818_094327
Ruang tamu, resepsionis dan ruang makan bersama Checkers Backpacker

Singapore menjadi salah satu negara tujuan wisata dengan harga properti paling mahal. Harga sewa kamar hotel dirasa terlalu mahal, apalagi untuk para pelancong berkantong cekak. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda yang sedang melancong dengan budget pas-pasan bisa kok mencoba bermalam di hostel. Di Singapore terdapat banyak hostel yang memang disediakan untuk backpacker. Mereka para pelancong irit ini biasanya menginap sendiri atau bersama teman-teman seperjalanan. Ada juga keluarga yang menyewa satu kamar penuh.

Satu kamar penuh maksudnya gimana ya? Biasanya hostel untuk backpackers itu hanya menyewakan tempat tidur dan loker untuk barang saja, jadi gampangnya kita akan satu kamar dengan penghuni lainnya. Ada kamar untuk laki-laki dan wanita, dan ada yang khusus wanita saja. Saya belum menemukan kamar yang khusus untuk laki-laki saja. Pada umumnya semakin sedikit jumlah penghuni dalam satu kamar, harganya semakin mahal, kamar khusus wanita juga biasanya lebih mahal.

Beberapa waktu lalu saya menginap di hostel backpakers di Singapore namanya Checkers Backpakers di daerah Little India. Ini pertama kali saya menginap di hostel yang sekamar dengan orang lain, dan saat itu saya sendirian. Ternyata seru banget! Saya malah berencana menginap di tempat semacam ini lagi nanti di agenda pergi-pergi berikutnya. Hehe.

Berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya di sana, ada banyak hal yang bisa kita dapatkan dan kita lakukan saat menginap di hostel backpakers. Ini maksudnya bukan hanya untuk di Singapore saja.

Kurang lebih ini yang bisa Anda lakukan saat menginap di hostel backpackers.

1) Berkenalan dengan tamu lainnya yang satu kamar.

Ini wajib karena Anda tidak akan sendirian di dalam kamar. Waktu itu saya menginap di kamar khusus wanita yang berisi 6 orang, tempat tidurnya tingkat, ada 3 buah. Saya berkenalan dengan cewek asal Perancis yang sedang travelling ke beberapa negara di Asia. Tapi saya lupa namanya ๐Ÿ˜€

Ini penampakan kamar dan si cewek Prancis

20160817_235902

20160818_113638

Anda bisa membicarakan apa saja, ya tentu tidak jauh dari basa-basi. Saya dan si cewek Prancis ini membicarakan mahalnya biaya hidup di Singapura, kita akan berada di Singapura selama berapa lama, setelah itu kita akan kemana, apa kepentingan kita datang ke sana, dan topik-topik umum lainnya.

Mungkin memang hanya basa-basi yang kurang penting ya, tapi ini berguna kalau-kalau nanti ada apa-apa di kamar, teman ngobrol baru kita ini bisa membantu kita. Waktu itu si cewek Prancis memberitahu saya air AC di atas kasur saya suka menetes dan mungkin saja mengganggu. Untung saja saya kenalan sama dia. Dan lagi kalau kita memang sendirian saat menginap, kalau kita ingin ngobrol saat di kamar, dengan siapa lagi kita bisa ngomong kan hehe

2) Menata barang sesimpel mungkin

Di hostel backpakers itu kita akan diberikan loker untuk menyimpan barang-barang kita karena kita berbagi kamar dengan orang lain dan tempatnya juga sempit. Loker otomatis kita dapatkan ketika kita menyewa tempat tidur. Kira-kira seperti ini bentuknya:

20160817_235832

Ukuran loker untuk barang kita biasanya memang tidak terlalu besar, jadi pastikan Anda tidak membawa koper besar, kecuali Anda tidak masalah untuk meletakkannya di tempat tidur Anda. Loker di sini muat untuk carrier besar yang biasanya dibawa oleh para pelancong backpackers, mungkin koper paling kecil bisa muat. Saya kemarin membawa koper ransel yang ukurannya memang tidak besar.

Karena tempat yang terbatas, sebaiknya kita perlu menjaga barang bawaan kita agar selalu terorganisir agar mudah untuk mencari dan packing saat akan checkout. Sepatu dan alas kaki dapat Anda simpan di tempat sepatu (biasanya disediakan di depan kamar). Barang bawaan lebih baik tidak usah dikeluarkan, cukup atur letaknya berdasarkan barang yang paling sering dicari dan digunakan agar lebih mudah mengambil. Ingat, daerah teritori pribadi kita hanya ranjang dan loker kita.

3) Memanfaatkan breakfast

Meskipun menu yang disediakan biasanya hanya roti dan selai, yang tidak membuat perut orang Indonesia kenyang, breakfast dari hostel jangan dilewatkan ya. Pastinya makanan ini lumayan untuk mengganjal perut sebelum Anda keluar untuk mencari makan. Cermati juga jam ketersediaan breakfastnya. Waktu itu saya terlambat untuk breakfast karena terlalu asyik menata barang ๐Ÿ˜€

4) Menikmati wifi, TV, fasilitas lainnya

20160817_234215

Selain kamar dan segala pelengkapnya, hostel juga memiliki TV, wifi, buku bacaan, setrika, dan fasilitas lainnya yang bisa Anda gunakan secara gratis. Fasilitas tersebut biasanya ada di ruang tamu/ruang bersama. Anda bisa bertanya pada petugas hostel atau pada tamu lain tentang hal ini. Oh ya, sumber listrik biasanya ada di samping ranjang kita.

5) Menggunakan kamar mandi sefektif mungkin

20160818_104538

20160818_104130

Kamar mandi / toilet di hostel backpacker digunakan bersama (shared toilet). Di Checkers backpackers ada 2 toilet masing-masing untuk tamu pria dan wanita. Kamar mandi tersebut terdiri atas bilik-bilik untuk mandi dan buang air, serta wastafel. Saat menggunakan toilet tersebut saya menyalakan dan mematikan lampu sendiri sesuai area yang saya gunakan. Jadi gunakan kamar mandi seefektif mungkin dan jangan lupa jaga kebersihan.

6) Menitipkan barang bawaan setelah cek out

Ini spesialnya. Ketika kita cek out, kita dapat menitipkan barang bawaan kita di hostel. Dalam rencana saya, setelah cek out, saya masih akan berwisata di Singapore sebelum menuju ke airport untuk pulang. Karena membawa koper kecil dan ransel agak merepotkan, saya menitipkan barang-beraang tersebut di hostel kemudian mengambilnya di sore hari dan langsung menuju airport. Tanyakan dulu pada petugas hostel apakah mereka menerima titipan atau tidak dan berapa lama barangnya bisa dititipkan. Jangan khawatir, mereka akan menyimpan tas-tas Anda di sebuah ruangan khusus penitipan dan menguncinya.

Berikut beberapa gambar lainnya yang saya ambil di hostel ini

20160818_113909
Tampak luar Checkers Backpackers
20160818_001206
Lorong lantai 2 – ada tempat untuk menyimpan sepatu
20160818_021005
Begini kira-kira posisinya saat tidur hehe

Memang sedikit PR ya menginap di hostel semacam ini karena tidak sebebas menginap di hotel pada umumnya. Tapi seru banget kok, kita bisa belajar banyak hal, dan yang penting nikmati saja ๐Ÿ™‚ (GA)

